Mengatasi masalah pada speaker aktif yang berdengung.

Bagaimana rasanya jika speaker aktif kamu mendadak mati saat kamu gunakan? Galau bukan..Tidak demikian jika kamu punya solusi untuk mengatasi masah pada speaker aktif kamu. Atau paling tidakkmu punya pengetahuan tentang upaya pencegahan agar hal yang demikian tidak terjadi.

Speaker aktif milikmu adalah tanda status sosialmu.

Di jaman milenia seperti sekarang ini, siapa yang tidak mengenal yang namanya speaker aktif. Ibaratnya, di setiap rumah selalu ada barang ini. Dari speaker aktif yang kelas biasa hingga yang kelas atas. Agaknya barang ini seperti juga berfungsi sebagai penanda strata dari orang yang memilikinya. Semakin tinggi strata orang tersebut semakin bagus speaker aktif yang menjadi miliknya. Tapi pendapat seperti ini tidak bisa seluruhnya benar, karena ada juga yang secara ekonomi tidak begitu kaya tetapi punya speaker aktif yang harganya lumayan. Mungkin hal itu terjadi karena selera mendengarkan musik orang tadi yang tinggi, jadi orang akan melakukan apapun untuk mewujudkan keinginannya. Sekarang bagaimana dengan kamu? Berapa harga speaker aktif kamu?

Speaker aktif
Masalah yang ada pada speaker aktif

Akankah minta bantuan tukang servis elektronik?

Sudah cukup mengenai perbedaan status sosial ya… Kita bahas saja yang lebih penting, yaitu apa saja masalah yang sering menghampiri pemilik berkaitan dengan barang satu ini.

Namanya juga mesin, kalau kita sering menggunakannya, suatu waktu dia akan mengalami gangguan. Baik itu yang ringan atau yang berat. Sama juga dengan manusia, ada penyakit ringan sampai berat. Bahkan yang kronis pun ada. Apabila kamu tidak punya pengetahuan untuk mengatasi masalah pada speaker aktif , maka meminta bantuan tukang servis elektronik kiranya adalah keputusan yang tepat.

3 penyebab speaker aktif rusak

  1. Faktor penyebab dari luar. Untuk kasus ini, speaker aktif rusak karena ulah hewan bernama tikus. Dia masuk melalui lubang udara yang ada di speaker aktif tadi. Sebenarnya di lubang udara itu sudah ada penghalang agar hewan tidak bisa masuk, tapi karena hanya terbuat dari bahan plastik, tidak menjadi halangan yang berarti bagi si tikus untuk menghancurkan penghalang tadi. Untuk mencegah hal itu terjadi, rekomendasi untuk kamu adalah menambah penutup pada lubang udara speaker aktip dengan kawat strimin, yang bisa kamu beli di toko besi di sekitar rumah kamu. Satu hal lagi, sering-seringlah kamu periksa kabel ac dan kabel penghubung speakernya. Apakah ada bekas gigitan tikusnya. Karena tikus juga kerap beraksi di tempat itu.
  2. Faktor penyebab dari dalam. Yang menjadi penyebab kerusakan pada speaker aktif adalah adanya komponen yang kualitasnya kurang bagus, sehingga dia mengalami kerusakan padahal belum lama waktu pemakaiannya. Seperti adanya elco yang kering, resistor yang putus, atau kapasitor tembus dan lain sebagainya. Tentunya hal itu tidak menjadi masalah jika kamu termasuk orang yang punya hobi otak-atik elektronika. Tapi bagi kamu yang tidak punya pengetahuan tentang elektronika, akan memerlukan bantuan dari ahlinya.
  3. Sebab karena ulah pemiliknya. Meskipun agak sensitif, tapi akan saya jabarkan juga di sini. Sebelumnya mohon maaf jika ada yang merasa tersindir. Ada orang yang tidak punya basic pengetahuan elektronika. Tapi, dia demen sekali utak-atik barang elektronik. Dalam hal ini dia melakukan penyambungan speaker sendiri, padahal tidak mengetahui kalau penyambungan speaker itu ada ketentuannya. Akibatnya adalah, beban penguat akhir menjadi terlalu berat sehingga transistor mengalami over heating atau terlalu panas, dan rusakklah speaker aktif tersebut.

Yang perlu diperhatikan agar speaker aktif kamu tidak cepat rusak

  • Volume jangan terlalu keras, apalagi untuk waktu pemakaian yang lama. Karena biasa menyababkan power panas, dan itu rentan untuk terbakar pada transistor finalnya. Karena kebanyakan speaker aktif pendingin dari transistornya kurang mencukupi untuk menghilangkan panas yang terlalu tinggi.
  • Jangan menambah speaker di luar yang sudah menjadi bawaan speaker aktif itu sendiri. Keterangannya sudah ada di atas. Jika kamu kurang puas dengan hasil suara speaker aktif kamu, konsultasilah dengan yang ahli. Bisa tukang servis langganan kamu. Atau beli aja lagi yang baru, yang lebih mahal.
  • Jangan membiarkan speaker aktif nganggur terlalu lama. Perangkat elektronik yang berbulan-bulan tidak digunakan, bisa mengalami kerusakan pada saat akan dipakai. Penyebabnya bisa karena kelembaban udara, mengakibatkan pada boardnya lembab atau mengandung air.
  • Tutup lubang udara dengan kawat strimin agar tidak dimasukin tikus. Tikus yang bersarang di mesin speaker aktif menyebabkan kerusakan parah dan cara memperbakinya adalah mengganti mesin dari peaker aktif tersebut. Karena pcb sudah terkena urin dari si tikus, menyebabkan banyak komponen yang tercemar.

Mudah mudahan artikel ini bermanfaat bagi kamu yang hobi mendengarkan musik, untuk bisa mengatasi masalah pada speaker aktif.

Mengatasi masalah pada speaker aktif yang berdengung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kembali ke Atas
Ads Blocker Image Powered by Code Help Pro
Anda mengaktifkan adblocker!!!

Kami mendeteksi anda mangaktifkan adblocker. Mohon untuk menonaktifkan adblocker anda untuk situs ini!! Klik Refresh setelah anda menonaktifkan adblocker.

Terima kasih atas pengertiannya.

Refresh