Pengaruh crossover terhadap kualitas audio

Pengaruh crossover terhadap kualitas audio

Seberapa besar pengaruh crossover terhadap kualitas audio ?

Sebelum mendalami lebih jauh tentang pengaruh crossover terhadap kualitas audio, kita pahami dulu apa fungsi dari crossover.

Fungsi crossover adalah untuk membagi range frequensi audio ke speaker sesuai dengan masing-masing karakteristik speakernya.

Contoh skema crossover 2 way dan 3 way

Gambar di bawah adalah contoh skema crossover 2 way dan 3 way. Di mana untuk yang 2 way outputnya ada 2 yaitu untuk woofer dan tweeter. Sedangkan unrtuk crossover 3 way outputnya ada 3 yaitu untuk woofer, midle dan tweeter.

Contoh skema crossover 2 dan 3 way.

Skema crossover 2 way
Skema crossover 2 way
Skema crossover 3 way

Apa pengaruh crossover terhadap kualitas audio jika kotak speaker tidak menggunakan crossover?

Kotak speaker yang menggunakan lebih dari 1 jenis speaker sebaiknya menggunakan rangkaian crossover dalam penyambungan di tiap speakernya. Terutama untuk kotak speaker yang tersambung dengan power amlpifier dengan watt besar.

Pengaruh crossover terhadap kualitas audio tanpa crossover adalah:

  1. Dapat menyababkan kerusakan pada speaker
  2. Menyebabkan panas yang berlebih pada power amplifier
  3. Frekwensi audio tidak terdengar dengan semestinya karena semua bercampur.

Sebagaimana telah kita ketahui tentang fungsi crossover, tujuan orang memasang crossover adalah untuk mengamankan speaker, dalam hal ini tweeter, supaya tidak menerima arus listrik yang besar. Karena karakteristik dari tweeter adalah untuk audio frekwensi tinggi, jadi tidak memerlukan arus yang besar. Lain halnya dengan woofer.

Jadi crossover berfungsi sebagai pembagi sesuai dengan kebutuhan masing-masing speaker, arus yang besar untuk woofer sedang arus kecil untuk tweeter.

Memilih crossover yang sesuai dengan kebutuhan kotak speaker

Crossover yang tersedia ada beberapa macam. Maksudnya adalah dari sisi kualitas. Untuk memudahkan kita menggolongkannya,kita dapat bedakan crossover ke dalam 2 macam.

  1. Kelas biasa. Dapat kita ketahui dari harganya. Karena harga untuk crossover jenis ini termasuk murah, jadi kualitas komponennya pun menjadi tidak baik. Seperti capasitornya yang kurang baik mutunya sehingga mudah kering.
  2. Crossover kualitas baik. Sangat kita rekomendasikan Anda untuk memilih crossover jenis ini karena selain komponennya lebih handal, jenis rangkainnya pun sangat cocok untuk power jenis ocl.

Modifikasi crossover untuk power ocl

Sebelum memasang crossover ke kotak speaker, sebaiknya perhatikan dulu skema dari crossover yang akan kita pakai. Ada type crossover yang secara skema tidak sesuai jika kita gunakan power jenis ocl pada powernya. Agar crossover tadi menjadi available, kita perlu mengadakan sedikit modifikasi.

Caranya adalah mencabut beberapa komponen yang tidak perlu atau mengganggu. Yang kita cabut komponen berupa kapasitor. Contohnya bisa Anda lihat pada gambar berikut ini:

Modifikasi crossover

Komponen yang bewarna merah adalah komponen yang tidak berguna dan berakibat tidak baik jika kita menggunakan power ocl sebagai amplifiernya.

Semoga tulisan di atas bermanfaat bagi yang memerlukan.

Pengaruh crossover terhadap kualitas audio

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kembali ke Atas
Ads Blocker Image Powered by Code Help Pro
Anda mengaktifkan adblocker!!!

Kami mendeteksi anda mangaktifkan adblocker. Mohon untuk menonaktifkan adblocker anda untuk situs ini!! Klik Refresh setelah anda menonaktifkan adblocker.

Terima kasih atas pengertiannya.

Refresh