Tips belanja online agar aman dan terhindar dari penipuan

Adakah manfaat membaca artikel tentang tips belanja online agar aman terhindar dari penipuan? Tentu bermanfaat sekali.

Seperti contohnya kita menjadi lebih cermat memilih kepada siapa kita akan membelanjakan uang kita. Agar kita terhindar dari penipuan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

Marketplace tempat belanja online

Beberapa tips belanja online yang harus kita perhatikan saat belanja online

3 tips belanja online agar aman dan terhindar dari penipuan hendaknya perlu anda ketahui sebagaimana di bawah ini

1. Belanja online di marketplace agar aman.

Seperti kita ketahui bahwa marketplace adalah tempat di mana berkumpul orang menawarkan dagangannya secara online. Tentang marketplace mungkin kita akan membahasnya secara khusus di kesempatan yang lain.

Kalau Anda belanja melalui marketplace ternama seperti Bukalapak, Shopee, Tokopedia, kemungkinan untuk Anda tertipu sangat kecil. Karena dari pihak marketplace yang bersangkutan telah membuat proteksi di sistemnya agar tidak terjadi kasus-kasus penipuan, baik itu penipuan dari pihak penjual maupun pembeli.

Jika terjadi ketidak sesuaian antara pesanan Anda dengan barang yang anda terima, Anda bisa mengajukan komplain ke pihak penjual. Yang sering terjadi meski kita belanja di marketplace ternama adalah terkadang mutu barang yang kita terima tidak sesuai ekspektasi. Seperti contohnya, pakaian yang ternyata jahitannya tidak bagus.

Yang rawan terhadap penipuan adalah marketplace yang tidak menyediakan perlindungan terhadap konsumen maupun penjual yang menjadi membernya. Jadi peran dari marketplace tersebut hanya terbatas sebagai penghubung antara pembeli dan penjual.

Berbeda dengan marketplace yang telah kita bahas sebelumya, marketplace sejenis ini sama sekali tidak bertanggung jawab terhadap transaksi yang terjadi. Sehingga jika terjadi kasus penipuan, pihak korban tidak bisa berbuat banyak.

Untuk itu, sangatlah bijaksana jika Anda tidak melakukan transaksi di tempat yang sangat beresiko akan terjadinya penipuan.

2. Belanja aman melalui blog atau website pribadi

Ini menarik untuk kita bahas.

Sebenarnya sih sah-sah saja orang membuat website untuk jualan. Jadi mohon kepada Anda untuk tidak buru-buru berprasangka buruk tatkala menjumpai website atau blog yang menawarkan produknya. Yakinlah kalau banyak dari mereka yang benar-benar tulus dan jujur dalam menjual pruduknya.

Hanya saja memang ada dari segelintir oknum yang memanfaatkan sutu keadaan, sehingga dia menyalah gunakan kepercayaan yang ada padanya.

Yang sangat membutuhkan kewaspadaan kita dalam melakukan transaksi di web atau blog pribadi adalah:

  • Perhatikan jenis domainnya. Penjual yang menggunakan domain gratisan layak untuk menjadi perhatian. Untuk bisa mengerti seperti apa domain gratisan, Anda harus punya pengetahuan tentang apa itu domain. Jika anda belum punya pengetahuan tentang itu, Anda bisa mencarinya di blog ini atau di Google.
  • Lihat di bagian testimoni. Jika kolom testimoni belum atau tidak ada, maka lebih baik jangan bertransaksi dulu, kecuali jika Anda ingin menjadi pembeli yang pertama dengan bersiap terhadap semua resiko yang mungkin akan anda tanggung.
  • Baca profil dari pemilik blog. Penjual yang benar-benar jujur akan memberikan informasi yang sedetail mungkin tentang identitas dirinya, alamat, kontak dan lain sebagainya. Dan sedapat mungkin Anda harus mengkonfirmasi kebenaran identitas dari sang pemilik web atau blog tersebut.

3. Belanja di website toko atau perusahaan

Belanja di website toko atau perusahaan termasuk dalam kategori belanja aman. Tapi meski demikian, Anda sebaiknya melakukan kontak dengan adminnya terlebih dahulu. Hal itu semata untuk meyakinkan diri Anda sendiri apakah pengelolaan website tersebut masi aktif apa tidak.

Demikianlah tips-tips belanja online agar aman dan terhindar dari penipuan, semoga uraian di atas dapat membantu Anda semua.

Tips belanja online agar aman dan terhindar dari penipuan

2 tanggapan pada “Tips belanja online agar aman dan terhindar dari penipuan

  1. Kalau marketplace terpercaya pasti aman lah ya, macam Tokopedia, Shopee, Bukalapak, Lazada, Blibli, Zalora dll. Saya yakin itu lebih aman dibandingkan website lain yang baru dan kita tak begitu mengenal.
    Jika ada yang baru perlu banyak edukasi supaya calon konsumen yakin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kembali ke Atas
Ads Blocker Image Powered by Code Help Pro
Anda mengaktifkan adblocker!!!

Kami mendeteksi anda mangaktifkan adblocker. Mohon untuk menonaktifkan adblocker anda untuk situs ini!! Klik Refresh setelah anda menonaktifkan adblocker.

Terima kasih atas pengertiannya.

Refresh