WordPress dan Blogspot untuk belajar ngeblog pemula

Foto oleh Michael Burrows dari Pexels
Foto oleh Michael Burrows dari Pexels

Memilih ngeblog dengan WordPress atau Blogspot

Memilih WordPress atau Blogspot untuk belajar ngeblog selalu menjadi sumber keraguan bagi pemula yang berniat terjun sebagai seorang bloger. Keraguan hati untuk memilih dua platform tersebut kerap kali muncul pada orang yang baru awal mengenal dunia blogging. Hal demikian juga yang dulu penulis alami waktu awal-awal ngeblog. Saat itu pilihan penulis jatuh pada Blogspot dengan pertimbangan kalau bloging pakai Blogspot semua serba gratis.

Blogspot sebagai sarana untuk ngeblog

Memang Blogspot menyediakan sarana gratis untuk penggunanya, seperti domain gratis, template gratis juga hosting yang juga sudah termasuk fasilitas gratis lainnya dari Blogspot. Ibaratnya tanpa mengeluarkan uang sepeserpun kita sudah bisa membuat blog. Dan bagi pemula itu merupakan pilihan yang cukup menggoda.

Ngeblog menggunakan WordPress

Kalau kita bandingkan dengan ngeblog menggunakan Blogspot, menjadikan WordPress sebagai sarana kita untuk ngeblog  memang terasa agak lebih sulit. Karena harus membeli hosting, kemudian domain, yang semua itu tentu membutuhkan modal biaya. Penulis sebagai pemula saat itu berpikir apakah modal itu nantinya bisa balik apa tidak. Kalau tidak berarti kan usaha menjadi sia-sia. Beda ceritanya jika memakai  Blogspot, itung-itung sebagai latihan, toh kalau tidak berhasi kan tidak ada biaya yang keluar dari kita. Jadi kesimpulannya pada saat itu kita hanya coba-coba, siapa tahu ada sesuatu yang bisa kita ambil keuntungan. Kata lainnya adalah penulis takut akan resiko gagal atau masih ragu akan kemampuan diri sendiri akan berhasil. Maklumlah pada saat itu penulis masih awam alias belum mempunyai bekal ilmu untuk menjadi  seorang blogger.

Kelebihan WordPress dari Blogspot adalah tersedianya banyak plugin yang menunjang kegiatan dalam menampilkan konten. Seperti contohnya:

  • Toko online
  • Plugin SEO
  • Plugin untuk member
  • Dan masih banyak lagi

Ilmu yang harus kita punya untuk menjadi seorang blogger

Seperti halnya profesi lainnya, untuk menjadi seorang blogger pun kita harus tahu ilmunya. Menulis sebuah artikel sepintas memang terlihat mudah. Namun jika kita sudah mulai mencoba menulis, ternyata tidak semudah yang kita bayangkan. Apalagi menghasilkan tulisan seperti para penulis blog yang menempati posisi page one Google. Kecuali jika Anda mempunyai bakat alam untuk itu. Lantas ilmu apa sajakah yang harus kita kuasai untuk menjadi seorang blogger ?

Jika Anda sedang belajar ngeblog apakah itu nantinya akan menggunakan WordPress atau Blogspot, kuasai dulu 3 ilmu dasar berikut ini:

  1. Yang utama adalah SEO, atau Search Engine Optimization. Kalau arti bahasa Indonesia-nya adalah optimisasi mesin telusur. Ilmu ini yang mungkin bagi sebagian orang, termasuk saya, saat itu adalah sesuatu yang susah untuk memahaminya. Sudah membaca artikel dari beberapa blog, belajar dari Youtube, tetapi masih belum paham juga. Mudah-mudahan ini hanya penulis saja yang mengalami.
  2. Ilmu pengkodean (maaf ini istilah penulis). Yang penulis maksud adalah, sedikit banyak kita harus tahu tentang kode-kode html. Memang baik Blogspot maupun WordPress sudah menyediakan berbagai kemudahan untuk para user menggunakannya, namun sutu saat kita akan menempatkan kode html untuk suatu keperluan. Jadi mau tidak mau kita harus belajar tentang kode-kode html.
  3. Selanjutnya adalah ilmu tata bahasa. Adalah ilmu mengolah kata yang diperlukan agar pembaca blog minimal bisa memahami isi dari tulisan yang dia baca. Bagi blogger yang sudah mahir mengolah kata, dia akan membuat pembacanya betah dan senang membaca artikel yang dia tulis.

Apa itu niche dan perannya pada sebuah blog ?

Kata niche dalam ilmu bloging, penulis memahaminya sebagai jenis atau spesifikasi bidang artikel dari sebuah blog. Penulis akan mencoba menjelaskan tentang niche ini. Sebuah blog hendaknya mempunyai ciri khas atau bidang tertentu pada artikel yang menjadi kontennya. Contohnya, sebuah blog yang kontennya membahas tentang kesehatan. Maka blog tersebut nichenya adalah kesehatan atau healty. Pentingnya niche adalah agar pengunjung lebih mudah mengingat kalau blog tersebut adalah blog tentang kesehatan. Dengan demikian identitas dari blog tersebut jelas dan itu menjadi nilai atau point dari blog tersebut. Dapat penulis simpulkan bahwa niche adalah identitas dari sebuah blog atau website. Niche ini penting sekali Untuk Anda perhatikan dalam Anda belajar ngeblog menggunakan WordPress maupun Blogspot

Membulatkan tekat untuk menjadi seorang bloger

Jika Anda punya niatan untuk terjun ke dunia bloger, baiknya hilangkan semua keraguan atau bayangan kegagalan. Sugesti diri Anda sendiri dengan kalimat penyemangat untuk terus melangkah maju. Jangan lupa bekali diri dengan ilmu yang akan sangat membantu tercapainya tujuan Anda.

Waktu terus berjalan. Jika Anda masih saja terpaku dengan keraguan Anda, maka waktu akan semakin jauh meninggalkan Anda !

Segera putuskan apakah Anda ingin ngeblog menggunakan Blogspot atau menbeli hosting dan domain untuk ngeblog menggunakan WordPress. Semoga tulisan ini bermanfaat bagi kita semua.

Baca juga artikel kami tentang membuat website sampai menghasilkan uang.

WordPress dan Blogspot untuk belajar ngeblog pemula
Post Disclaimer

Informasi yang terkandung dalam posting ini adalah untuk tujuan informasi umum saja. Informasi ini disediakan oleh WordPress dan Blogspot untuk belajar ngeblog pemula dan sementara kami berusaha untuk menjaga agar informasi tetap mutakhir dan benar, kami tidak membuat pernyataan atau jaminan apa pun, tersurat maupun tersirat, tentang kelengkapan, keakuratan, keandalan, kesesuaian, atau ketersediaan dengan sehubungan dengan situs web atau informasi, produk, layanan, atau gambar terkait yang terdapat pada kiriman untuk tujuan apa pun.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kembali ke Atas