Penyebab dengung pada power amplifier

Apa saja yang peyebab dengung pada power amplifier? Dengung pada power amplifier sebenarnya adalah masalah klasik yang sering kita jumpai. Ada yang suara dengungnya keras, ada yang bersuara dengung pelan. Namun bagaimanapun juga suara dengung sedikit banyak akan mengganggu di pendengaran. Secara garis besar yang menjadi penyebab dengung pada power amplifier ada 4 macam:

  1. Adanya catu daya yang tidak rata.
  2. penyambungan VCC atau catu daya + yang tidak benar
  3. Dengung bawaan circuit
  4. Penguat akhir power rusak
  5. Grounding

Sekarang mari kita bahas satu persatu

Power amplifier
Dengung pada power amplifier

Dengung pada power amplifier karena adanya catu daya yang tidak rata.

Untuk kasus ampli berdengung karena catu daya tidak rata, bisa dengan mudah kita atasi dengan memperbesar kapasitas elco, atau kalau masih belum hilang dengungnya, kita tambah dengan rangkaian stabilizer.

Dengung pada power amplifier karena penyambungan VCC atau catu daya + yang tidak benar

Dalam sebuah power amplifier umumya terdiri dari beberapa bagian rangkaian. Sebagai contoh ada rangkaian power, ada rangkaian tone control dan mungkin ada rangkaian pendukung yang lain seperti rangkaian penguat mic, rangkaian echo dan lain-lain. Nah, di masing-masing rangkaian itu membutuhkan catu daya yang mungkin tidak sama untuk setiap rangkaian. Apabila pengambilan catu daya untuk masing-masing rangkaian itu tidak tepat, maka akan timbul suara dengung di output powernya. Mengatasinya dengan mulai mengurutkan pengambilan vcc nya. Gambar di bawah ini akan menunjukkan alur skema pengambilan catu daya atau vcc.

Jalur penyambungan power supply

Dengung pada power amplifier berasal dari internal circuit

Dengung bawaan rangkaian adalah dengung hasil gain yang tinggi dari intern rangkaian yang bersangkutan. Biasanya rangkaian yang pakai ic semacam JRC4558. Dengung ini hasil dari penguatan yang terlau tinggi sehingga gelombang RF ikut masuk dan menghasilkan suara dengung. Cukup sulit dalam mengatasi masalh ini, karena kalau kita turunkan gain-nya berakibat hasil output menjadi lemah. Suara dengung untuk kasus ini biasanya tidak terlalu mengganggu.

Uraian di atas adalah suara dengung yang terjadi pada power yang tidak mengalami kerusakan pada komponennya. Baik itu merupakan power hasil rakitan atau power pabrikan tapi mengalami penambahan rangkain pendukung.

Dengung pada power amplifier karena transistor power rusak

Transistor penguat akhirnya yang tembus karena over heating atau korsleting akan menyebabkan suara dengung keras. Bisa juga terjadi akibat adanya hubungan pendek di bagian output speakernya sehingga transistor finalnya kena. Kerusakan semacam termasuk kategori kerusakan yang lumayan fatal, karana harga taransistor final ini lumayan mahal. Pada power-power besar biasanya sudah terpasang rangkaian protector untuk melindungi rangkaian power dari hubungan pendek. Ciri-ciri kerusakan rangkaian power adalah suara dengung terdengar keras, dan tidak ada tanda sinyal input masuk. Sedang dengung yang penyebabnya bukan karena transistor final rusak, sepertinya tidak begitu menguras kantong untuk biaya penggantian komponennya. Semisal penyebabnya adalah elco kering.

Grounding

Meski nampaknya masalah sepele tapi penyambungan kabel ground ke body hendaknya perlu juga menjadi perhatian. Penyambungan yang tidak tepat juga akan menimbulkan masalah dengung di power. Grounding pada rangkaian power yang ada di speaker aktif, cukup dengan melakukan penyambungan kabel ground pada semua potensio yang ada..

Untuk rangkain power model ocl masalah dengung ini seharusnya terjadi. Jika pun terjadi dengung kemungkinan berasal dari rangkian yang ada di depannya. Bisa jadi terjadi masalah seperti adanya elco kering atau yang lainnya. Yang sering terjadi masalah suara dengung yaitu ada pada power yang menggunakan ic, terlebih yang catu dayanya plus dan ground. Contohnya pada rangkaian TDA2040, TDA2004, LA4444 dan sejenisnya.

Solusi untuk meminimalisir dengung untuk rangkaian power ic yang bukan ocl bisa menggunakan rangkaian regulator pada power supply-nya.

Sepertinya masalah dengung tidak ditemukan pada power build up buatan luar negeri. Kekurangannya adalah jika power mengalami rusak, sangat sulit mendapatkan komponen penggantinya.

Penyebab dengung pada power amplifier

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kembali ke Atas
Ads Blocker Image Powered by Code Help Pro
Anda mengaktifkan adblocker!!!

Kami mendeteksi anda mangaktifkan adblocker. Mohon untuk menonaktifkan adblocker anda untuk situs ini!! Klik Refresh setelah anda menonaktifkan adblocker.

Terima kasih atas pengertiannya.

Refresh